Dinamika Pendidikan, Islam, Sosbud, Iptek sekitar kita

FUNGSI DAN PENGGUNAAN SURAT KEPUTUSAN

Drs. Herikasni, M.Pd. | 10.05 | 3 komentar

Surat Keputusan umumnya merupakan dasar hukum dari suatu tindakan, kegiatan, kondisi, ataupun fungsi status dari pada sesuatu atau bagi seseorang, yang dijadikan legal aspek untuk menetapkan atau mempertahankan sesuatu yang diputuskan tersebut.
Dalam implementasi penggunaan surat keputusan kadang-kadang terjadi kekeliruan dimana penggunaannya tidak sesuai dengan yang dimaksudkan semula. Akibatnya surat keputusan tersebut menjadi rancu. Contoh yang dapat dikemukakan disini, dengan adanya otonomi daerah kadang ada perbedaan kebijakan, perangkat administrasi, maupun landasan yang dikeluarkan maupun digunakan antara, pemerintah pusat dengan pemerintah daerah misalnya, pemerintah daerah provinsi dengan kota/ kabupaten, atau antar daerah yang satu dengan lainnya, instansi yang satu dengan yang lainnya. Sebagai misal pada satu daerah A, sebuah kebijakan dilandasi cukup oleh  landasan hukum yang dikeluarkan level tertentu saja, tapi pada daerah lain B menuntut keputusan dari level yang lebih tinggi. Akibatnya daerah semula A harus memenuhi sarat yang berlaku pada daerah B, katakanlah membuatkan SK dengan fungsi pembuktian saja. Maka SK ini hanya digunakan sebagai fungsi tersebut, dan diketahui oleh pejabat yang mengeluarkan, katakanlah misalnya untuk sarat pencairan dana kegiatan atau tunjangan, dan sebagainya . Maka sekarang ini kita bisa melihat kadang ada dikeluarkan SK-SK dengan perihal yang sama oleh pejabat yang berbeda, atau waktu yang berbeda, ataupun pejabat sama, waktu sama tapi setingannya berbeda.
Nah ketika SK sampai ditangan orang yang tidak tahu persoalan atau sengaja menyembunyikan persoalan demi kepentingan pribadi, persoalan menjadi lain. SK tersebut bisa saja menuntut penganggaran tertentu karena dikeluarkan pejabat dengan level atas tertentu, seperti penganggaran tunjangan jabatan yang sebetulnya tidak ada anggarannya. Ini akan menimbulkan tuntutan baru. Oleh sebab itu orang-orang yang diserahi tanggung jawab untuk mengamankannya memang harus berhati-hati. Sebuah surat keputusan haruslah digunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang dimaksudkan, apakah fungsi sesungguhnya atau sebatas kegunaan insidentil sebagai antisipasi kebutuhan administrasi ataupun pembuktian legalitas yang dipersaratkan.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

3 komentar:

  1. Ijin tanya.
    Kalau SK pusat itu bisa di ganggu gugat dari bupati atau tidak ?

    BalasHapus
  2. Ijin tanya.
    Proses penetapan SK pusat itu bagaimana ?
    Tolong di balas ya

    BalasHapus
  3. Bagaimana dgn perangkat desa yg diangkat oleh kpl desa blm mendapatkan SK?

    BalasHapus

Page Rank

PageRank